Notification

×

DEMA FTIK Gelar Acara SEMARA & IFTHOR di Bulan Suci Ramadhan

Senin, 08 April 2024 | 22.46 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-08T15:46:35Z
Dokumentasi : panitia SEMAR H IFTHOR

 LPM SKOLASTIK -  Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (DEMA FTIK) UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto menyelenggarakan program kerja SEMAR dan IFTHOR atau semarak Ramadhan dengan tema "indahnya kata kebaikan dalam irama, indahnya ramadhan meraih taqwa." Dilaksanakan pada [01/04/2024] bertempatkan di SMPN 04 Purwokerto. 

Program Kerja SEMAR (Semarak Ramadhan & Duta Mengabdi) merupakan program tahunan dari Kementrian Agama DEMA FTIK yang dilaksanakan pada Bulan Ramadhan. Namun, pada konsep acara tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumya, dengan meningkatkan nilai-nilai Islami, maka DEMA FTIK merealisasikan program kerja tersebut sebagai representasi khidmat terhadap Bulan suci Ramadhan dengan menebar kebaikan melalui edukasi dan  kegiatan positif kepada peserta didik di kalangan SMP. Selain itu, acara tersebut juga bertujuan sebagai upaya untuk menginternalisasikan  edukasi islam dan meningkatkan kapabilitas soft skill Duta mengabdi untuk turut berkontribusi dalam rangkain acara Semarak Ramadhan & Duta mengabdi.

"Saya sangat senang dan baahagia tentunya karena acara ini sangat asik dan seru dan dari acara ini saya mendapatkan pengalaman dan belajar banyak." Ucap Muhamad Dimas Affandi selaku Ketua Panitia SEMAR & IFTHOR 2024.

Rangkaian acara dihari pertama meliputi pembukaan acara SEMAR yang dibuka oleh Bapak kepala sekolah SMPN 04 Purwokerto, Bapak Ratmoko, S.Pd., M.M., Kemudian ada sambutan dari bapak kepala sekolah SMPN 04 Purwokerto dan ketua panitia SEMAR & IFTHOR. Setelah itu ada pengenalan Duta FTIK maupun Duta Prodi dan pematerian mengenai Akhlak yang di isi oleh Duta FTIK. Kemudian, dihari ke dua Duta mengabdi mengajarkan materi mengenai Akhlak seperti rukum iman, rukun islam dan sebagainya. Dihari ke tiga ada lomba-lomba buat siswa SMPN 04 Purwokerto, lombanya meliputi lomba Kaligrafi dan lomba Dai remaja. Kemudian dihari terakhir ada pembagian hadiah buat pemenang lomba kaligrafi dan lomba Dai remaja sekaligus penutupan acara SEMAR, sebelum pembagian hadiah DEMA FTIK melaksanakan acara Khotmil Qur'an bersama Bapak Prof. Subur, M.Ag., dan diikuti oleh peserta didik SMPN 04 Purwokerto.


Dokumentasi : Panitia SEMAR & IFTHOR


Selain itu DEMA FTIK juga mengadakan Santunan yatim piatu dan IFTHOR (Buka Bersama) pada [05/04/2024] di Panti Asuhan Harapan Mulia Mersi Purwokerto Timur. Rangkaian acara santunan ini dibuka oleh Bapak Prof. Subur, M.Ag., Acara ini di hadiri oleh Ketua SEMA FTIK, Ketua HMPS FTIK, ketua LPM Skolastik, Dan ketua dari masing-masing komunitas FTIK, yang ikut serta dalam membagikan santunan ke anak panti. Kemudian, sambil menunggu buka Puasa panitia bermain game dengan anak-anak panti. Setelah buka puasa bersama DEMA FTIK mengadakan santunan sejumlah kurang lebihnya 4 Jt yang dibagikan ke 30 anak panti asuhan Harapan Mulia, DEMA FTIK juga bekerja sama dengan Dompet Dhuafa untuk mensukseskan acara Santunan yatim piatu di panti asuhan Harapan Mulia.***



Reporter : Affandi, Malik

Penulis : Muhamad Umar Ibnu Malik

Editor : Taliya Safanatun Nafisah