Notification

×

Tanam Kepedulian, UKK KRS PMI Unit UIN Saizu Purwokerto Gelar BAKSO URAT

Selasa, 19 September 2023 | 08.49 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-19T05:35:56Z

Tanam Kepedulian, UKK KRS PMI Unit UIN Saizu Purwokerto Gelar BAKSO URAT


LPM Skolastik - Unit Kegiatan Khusus (UKK) Korps Sukarela PMI Unit UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto sukses menggelar kegiatan BAKSO URAT (Bakti Sosial untuk Masyarakat) di Desa Karang Endep, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas yang dilaksanakan selama dua hari Sabtu-Minggu (18-19/9/2023) dengan dihadiri oleh sekitar 100 orang.

Acara ini merupakan program kerja tahunan KSR PMI Unit UIN Saizu Purwokerto dan sekaligus memperingati HUT PMI ke 78 yang bertepatan pada tanggal 17 September dengan mengangat tema Satu Langkah Aksi Nyata Bentuk Kepedulian Untuk Kemanusiaan. 


Bakso Urat ini ditunjukan untuk memberikan bantuan kepada warga RT 4/RW 3 yang masih kurang dalam perekonomian, kesadaran kesehatan, dan rawan akan bencana tanah longsor. Bantuan donasi yang diberikan berupa uang serta beberapa barang seperti iqro, al-quran, juz amma, baju bekas layak pakai, beras, dan alat tulis.


Rangkaian acara pada hari pertama diawali dengan laporan kegiatan Bakso Urat dari ketua panitia, sambutan dari Komandan, Bapak Kadus 2, Ibu Kepala Desa, Pembina KSR PMI Unit UIN Saizu Purwokerto, PMI Kabupaten Banyumas beserta pembukaan, dilanjutkan dengan cek kesehatan (tensi, tinggi badan, berat badan, asam urat, cek gula darah, dan kolesterol), pemberian paket stunting 8 anak, games, penanaman pohon sebagai pencegahan bencana tanah longsor, dan desa got talent. Hari kedua, sosialisasi kesehatan (PHBS, ASB, BNN, dan PRS), games, penutupan, diakhiri dengan pembagian sembako sebanyak 85 paket. 


“Meskipun terdapat beberapa hambatan seperti waktu yang mulur, barang tertinggal di kampus, dan masa kurang antusias dibeberapa acara tetapi hal tersebut bukan menjadi penghalang untuk kami dalam mengatasi batu krikil tersebut, karena dapat diatasi dengan melaksanakan evaluasi di hari pertama, melakukan koordinasi dengan warga setempat untuk membantu.” Jelas Patrika Ari Suharti sebagai Ketua Panitia Bakso Urat.


Selain itu, ketua panitia berharap untuk kegiatan Bakso Urat di tahun berikutnya bisa lebih baik lagi dari sekarang dan semoga apa yang sudah diberikan KSR PMI Unit UIN Saizu Purwokerto ke desa dapat mempererat tali silaturahmi. ***


Penulis : Ani Tasya Islamiyati