Notification

×

Diskusi Komunitas Kepenulisan Kertas Putih Bertajuk "Membangun Mindset Berkarya Ilmiah"

Minggu, 26 Maret 2023 | 16.02 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-26T09:02:26Z

Doc.//Komunitas kertas putih/Hall Perpustakaan UIN SAIZU Purwokerto//

LPM Skolastik - Sabtu (25/3/2023) di ruang rapat lantai 4 Hall Perpustakaan UIN SAIZU Purwokerto, Komunitas Kepenulisan mengadakan Kegiatan diskusi literasi yang merupakan agenda kegiatan rutin ke-5 yang telah dilaksanakan terhitung sejak bulan Oktober tahun 2022 lalu.

Kertas putih merupakan komunitas yang bergerak dibidang literasi dan kegiatan kepenulisan bagi mahasiswa. Awal munculnya komunitas ini berasal dari inisiasi Duta Baca dan Duta Perpustakaan periode 2019 dan mendapatkan respon positif dari mahasiswa.

Namun saat pandemi, kegiatan dilakukan secara online. Hal tersebut kemudian menjadi motivasi bagi Duta Baca dan Duta Perpustakaan periode 2022 ini untuk turut menghidupkan kembali wadah berliterasi pada komunitas tersebut.

Pertemuan kali ini mengangkat tema "Membangun Mindset Berkarya Ilmiah" oleh pemateri Aris Nurrohman, S. H. I., M Hum. selaku Kepala UPT Perpustakaan UIN SAIZU Purwokerto, dipandu oleh M. Hendry Agus R. Duta Baca UIN SAIZU Purwokerto 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap karya tulis ilmiah. Ketua Komunitas Eka Sri Rahayu mempunyai harapan, kedepannya anggota Komunitas Kertas Putih memiliki karya tulisan yang bermanfaat untuk masyarakat luas.

“Semua akademisi termasuk mahasiswa di dalamnya dituntut untuk berkarya, dan sebisa mungkin menghindari plagiasi. Sebab, plagiasi adalah sebuah bentuk kebohongan”. Ucap bapak Aris Nurrohman. Beliau memiliki harapan, Komunitas Kertas Putih ini menjadi fasilitator bagi keberlangsungan literasi mahasiswa di kampus UIN SAIZU Purwokerto.

Nadia Mailina Husna Duta Baca UIN SAIZU 2022 merupakan salah satu peserta acara tersebut menyatakan bahwa "Pembahasan materi menjawab permasalahan kebanyakan mahasiswa, terkait bagaimana cara untuk memulai menulis.

"Bahril Kirom mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab, juga menanggapi dengan mengatakan acara tersebut dapat menyadarkan mahasiswa agar lebih semangat dalam membangun budaya literasi. Paling tidak mindset menulis/literasi bagi para mahasiswa tertata kembali.***

Penulis : M. Hendy Agus R

Editor : Srikandi Triwahyu Laras